PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP DISIPLIN KERJA SERTA KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 5 BANYUWANGI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung Kompetensi
Profesional (X1) dan motivasi (X2) terhadap disiplin kerja (Z) dan terhadap
kinerja guru (Y) serta untuk mengetahui. pengaruh tidak langsung kompetensi
profesional (X1) dan motivasi (X2) terhadap disiplin kerja (Z) dan kinerja guru
(Y). Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 5
Banyuwangi.
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, penelitian ini
diklasifikasikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi
penelitian adalah semua guru SMP Negeri 5 Banyuwangi yang berjumlah 35
orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian populasi (sensus) dimana
yang menjadi objek penelitian adalah seluruh guru pada SMP Negeri 5
Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer
dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan hasil penyebaran
kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel, jurnal, dan internet.
Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) yaitu untuk
menganalisis hubungan antar variabel, dimana variabel-variabel bebas
mempengaruhi variabel terikat baik secara langsung maupun tidak langsung
melalui satu atau lebih perantara.
Berdasarkan hasil perhitungan jalur, dapat diketahui bahwa Kompetensi
profesional berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja dengan nilai β = 0,401
dan signifikansi 0,000, motivasi juga berpengaruh signifikan terhadap disiplin
kerja dengan nilai β = 0,437 dan signifikansi 0,001 , kompetensi profesional
berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai β = 0,395 dan
siginifikansi 0,000, motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru
dengan nilai β = 0,325 dan signifikansi 0,000, disiplin kerja berpengaruh secara
signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai β = 0,277 dan signifikansi 0,000.