Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.advisorHarijanto, Alex
dc.contributor.authorYUSTIKA, NIA
dc.date.accessioned2016-01-13T07:30:03Z
dc.date.available2016-01-13T07:30:03Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim110210102085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71372
dc.description.abstractFakta di SMK Negeri 2 Jember menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar fisika siswa banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 2 Jember disebabkan karena hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi serta penggunaan media pembelajaran yang kurang merata. Rendahnya hasil belajar di kelas disebabkan kurangnya minat siswa untuk belajar fisika, siswa jarang melakukan kegiatan praktikum, kurangnya variasi model dan metode serta soal-soal dan LKS yang diberikan masih menekankan pada konsep verbal dan matematis sehingga berdampak pada kemampuan multirepresentasi fisika siswa yang masih rendah. Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan guru fisika di SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan uraian di atas maka diadakan penelitian dengan judul model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Independent- Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua. Untuk menguji hipotesis 1 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada pertemuan 1, 2, dan 3. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga pvalue sebesar 0.000 pada pertemuan 1, 2 dan 3. Karena Sig. (1-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Untuk menguji hipotesis 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada kemampuan verbal, matematis dan gambar serta pada kemampuan grafik sebesar 0.007. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1- tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0.000 pada kemampuan verbal, matematis dan gambar serta 0.0035 pada kemampuan grafik nilai tersebut lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan multirepresentasi siswa di SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. (2) Model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectGENERATIVE LEARNINGen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI LKS MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 2 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record