• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII-B SMPN 1 JENGGAWAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SUB POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL MENURUT POLYA

    Thumbnail
    View/Open
    Marlia Sari Pangestu - 110210101087_Part1.pdf (747.5Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Pangestuti, Marlia Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika mempunyai peran yang sangat penting. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk menyelesaikan masalah, diperlukan langkah-langkah penyelesaian yang membutuhkan pemahaman dan penalaran. Salah satu model yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah model Polya. Tahap-tahap penyelesaian model Polya yaitu: (1) memahami masalah, (2) membuat rencana, (3) melaksanakan rencana dan (4) memeriksa kembali. Kesalahan yang diteliti berkaitan dengan soal aritmetika sosial. Aritmetika sosial mempelajari tentang penjualan dan pembelian, untung dan rugi, bruto, tara, neto, diskon, pajak, dan bunga tunggal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan; mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan; dan memberikan solusi dari penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII-B SMPN 1 Jenggawah dalam menyelesaikan masalah sub pokok bahasan aritmetika sosial menurut Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai masing-masing jenis kesalahan, faktor penyebab kesalahan dan cara mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jenggawah. Menurut data hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan koefisien kevalidan 4,52. Soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan validator. Berdasarkan hasil analisis jawaban soal tes dan hasil wawancara diperoleh deskripsi jenis-jenis kesalahan siswa yaitu kesalahan dalam memahami masalah yang ditemukan meliputi siswa tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, siswa langsung menyalin kalimat yang sama dari persoalan. Penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak dapat menuliskan data yang diketahui pada soal secara lengkap dan menyeluruh, siswa tidak dapat menuliskan maksud dari soal yang ditanyakan. Kesalahan dalam menyusun rencana yang ditemukan meliputi siswa tidak dapat menyusun langkahlangkah penyelesaian dengan tepat dari awal sampai akhir pengerjaan, siswa menyusun rencana tidak sesuai dengan permasalahan. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa dalam menuliskan rencana yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan dalam melaksanakan rencana yang ditemukan meliputi siswa tidak menuliskan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, siswa salah melakukan operasi hitung bilangan, siswa tidak menyelesaikan langkah-langkah sesuai dengan rencana yang disusun, dan siswa menuliskan kesimpulan tidak sesuai dengan permasalahan. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa menuliskan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, siswa tidak menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah disusun, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk menyelesaikan permasalahan, siswa kurang hati-hati dalam menentukan kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan. Kesalahan dalam memeriksa yang ditemukan meliputi siswa salah menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh, siswa tidak memperoleh jawaban akhir. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa memeriksa hasil jawaban yang diperoleh, siswa tidak dapat memastikan kebenaran jawaban yang diperoleh. Sebaiknya peneliti mengajarkan terlebih dahulu kepada siswa sebelum penelitian
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71365
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository