Show simple item record

dc.contributor.authorYushefta Jane Merindha
dc.date.accessioned2013-12-10T02:31:00Z
dc.date.available2013-12-10T02:31:00Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210204190
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7134
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sumbersari 03 yang terdiri dari 28 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 12 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumbersari 03. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 50,45% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 69,64% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,32% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 57,14%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 72,14%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,86% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sumbersari 03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan gaya. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,19%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,82% dan ketuntasannya sebesar 35,72%. Oleh karena itu penelitian di SDN Sumbersari 03 tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204190;
dc.subjectIPA, Bahasan Gaya, Model Pembelajaran Scrambleen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record