PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sumbersari 03 yang terdiri dari
28 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 12 Mei 2011
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumbersari 03. Data yang dikumpulkan
berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas
belajar siswa sebesar 50,45% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II
sebesar 69,64% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I
mencapai 62,32% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 57,14%. Pada siklus II,
hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 72,14%, dan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 92,86% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) SDN Sumbersari 03.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan gaya.
Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,19%,
sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,82% dan ketuntasannya
sebesar 35,72%. Oleh karena itu penelitian di SDN Sumbersari 03 tuntas.