Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Wisata Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Wisatawan Pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Wisata
Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Wisatawan Pada Obyek Wisata Bromo
Probolinggo”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kualitas layanan yang terdiri dari dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan,
empati, dan bukti fisik terhadap loyalitas melalui kepuasan wisatawan pada
Obyek Wisata Gunung Bromo Probolinggo. Populasi dalam penelitian ini adalah
wisatawan domestik Obyek Wisata Gunung Bromo Probolinggo. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan
jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini dilakukan dengan
membagikan kuisioner pada responden yang merupakan pengunjung Obyek
Wisata Bromo Probolinggo yang paling sedikit pernah bekunjung sebanyak 2 kali
mulai dari kunjungan tahun 2011. Variabel yang digunakan sebanyak 3 variabel
yaitu kualitas layanan sebagai variabel independen, kepuasan sebagai variabel
intervening, dan loyalitas sebagai variabel dependen. Alat analisis yang digunakan
adalah Analisis Jalur untuk mengetahui pengaruh kinerja jasa yang dipersepsikan
wisatawan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan. Uji validitas, uji
reliabilitas, dan asumsi klasik dilakukan sebelum melakukan analisis jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan wisatawan pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo; 2)
Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas wisatawan pada
Obyek Wisata Bromo Probolinggo; 3) Kepuasan wisatawan berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas wisatawan pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo.
Kesimpulannya bahwa persepsi wisatawan atas kualitas layanan jasa wisata
berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan pada Obyek
Wisata Bromo Probolinggo.