Show simple item record

dc.contributor.advisorPambudi, Didik Sugeng
dc.contributor.advisorSetiawan, Toto’ Bara
dc.contributor.authorBudi P., Arus
dc.date.accessioned2016-01-13T04:13:14Z
dc.date.available2016-01-13T04:13:14Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim070210204253
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71285
dc.description.abstractPembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Menerapkan Teori Belajar Brunner Berbantu Jeruji Bambu Dalam Pemahaman Konsep Perkalian Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Sumberlesung 05 Ledokombo Jember Tahun Ajaran 2009/2010 : Arus Budi P, 070210204253, 2010, 50 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa diam mendengarkan guru berceramah sehingga siswa pasif di dalam kelas, hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya. Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menerapkan teori belajar Brunner berbantu jeruji bambu dapat menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa aktif kreatif, menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran melalui belajar secara berkelompok, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menerapkan teori belajar Brunner berbantu jeruji bambu dalam pemahaman konsep perkalian guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Sumberlesung 05 Ledokombo Jember tahun ajaran 2009 / 2010. (2) Untuk mengkaji aktivitas siswa pada pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menerapkan teori belajar Brunner berbantu jeruji bambu dalam pemahaman konsep perkalian guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Sumberlesung 05 Ledokombo Jember tahun ajaran 2009 / 2010. (3) Untuk menganalisis ketuntasan hasil belajar pada pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Student Teams ix Achievement Divisions (STAD) dengan menerapkan teori belajar Brunner berbantu jeruji bambu dalam pemahaman konsep perkalian guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Sumberlesung 05 Ledokombo Jember tahun ajaran 2009 / 2010.. Penelitian dilaksanakan di SDN Sumberlesung 05 Ledokombo Jember, kelas II yang terdiri dari 25 orang siswa, 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Pengambilan data dilaksanakan tanggal 4 Mei 2010 sampai dengan 20 Mei 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan skor tes. Hasil Penilaian pada siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 64 %, aktivitas guru 83,33 %. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 76 %, aktivitas guru 83,33 %. Siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 88 %, aktivitas guru 95,83 %. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 92 %, aktivitas guru 95,83 %. Analisis hasil tes akhir siklus I mencapai 84 %, dan tes akhir siklus II mencapai 92 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menerapkan teori belajar Brunner berbantu jeruji bambu untuk pemahaman konsep perkalian dapat menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa aktif kreatif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2) pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menerapkan teori belajar Brunner berbantu jeruji bambu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa dari awal pembelajaran hingga berakhirnya pembelajaran.; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84 % dan pada siklus II mencapai 92 %.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)en_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNNER BERBANTU JERUJI BAMBU DALAM PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN SUMBERLESUNG 05 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2009 / 2010en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record