• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTHINK PAIRSHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWAKELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    MAKSABATUS SYAHIQOH_001.pdf (860.1Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    MAKSABATUS SYAHIQOH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya kemampuan siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin dalam menulis karangan argumentasi. Pada umumnya kelemahan tersebut terletak pada pengungkapan pendapat, adanya bukti-bukti dalam mendukung pendapatnya, serta siswa kurang mampu mengembangkan karangannya. Hasilnya, penilaian terhadap tugas menulis karangan argumentasi yang dilakukan pada siswa kelas XI, diperoleh hasil bahwa 60% dari jumlah siswa memperoleh nilai di bawah 70 dan 40% siswa memperoleh di atas 70. Penilaian tugas tersebut didasarkan pada indikator yang terdapat di RPP meliputi adanya pendapat siswa, bukti-bukti pendukung gagasan, serta siswa mampu mengembangkan kerangka karangannya. Selain dari nilai yang diperoleh, ketidakmampuan siswa dalam menulis argumentasi dapat dilihat dari proses pembelajaran yang kurang efektif. Pertama, guru hanya menggunakan metode ceramah. Kedua, siswa cenderung diam dan tidak aktif. Ketiga, media yang digunakan dalam pembelajaran terbatas pada buku paket. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi maka diterapkan pembelajaran model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al- Muttaqin Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat viii kabar. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ini dicapai adalah mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan wawancara. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli 2011 sampai dengan 30 Juli 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7128
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository