PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTHINK PAIRSHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWAKELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya kemampuan siswa
kelas XI SMK Al-Muttaqin dalam menulis karangan argumentasi. Pada umumnya
kelemahan tersebut terletak pada pengungkapan pendapat, adanya bukti-bukti
dalam mendukung pendapatnya, serta siswa kurang mampu mengembangkan
karangannya. Hasilnya, penilaian terhadap tugas menulis karangan argumentasi
yang dilakukan pada siswa kelas XI, diperoleh hasil bahwa 60% dari jumlah siswa
memperoleh nilai di bawah 70 dan 40% siswa memperoleh di atas 70. Penilaian
tugas tersebut didasarkan pada indikator yang terdapat di RPP meliputi adanya
pendapat siswa, bukti-bukti pendukung gagasan, serta siswa mampu
mengembangkan kerangka karangannya. Selain dari nilai yang diperoleh,
ketidakmampuan siswa dalam menulis argumentasi dapat dilihat dari proses
pembelajaran yang kurang efektif. Pertama, guru hanya menggunakan metode
ceramah. Kedua, siswa cenderung diam dan tidak aktif. Ketiga, media yang
digunakan dalam pembelajaran terbatas pada buku paket. Untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi maka diterapkan
pembelajaran model Think Pair Share menggunakan media surat kabar.
Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dibahas dalam
penelitian ini meliputi bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kooperatif
model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan
kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-
Muttaqin Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan
argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan
pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat
viii
kabar. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ini dicapai adalah
mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair
Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis
karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember dan
mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada
siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran
kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan
wawancara. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli 2011 sampai
dengan 30 Juli 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin
Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa.