Karakteristik Antisipasi Impulsif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Integral
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menyelesaikan masalah integral khususnya pada topik menghitung luas daerah yang dibentuk oleh satu fungsi. Sebenarnya siswa sudah memahami apa yang dia baca, tetapi siswa mengerjakan soal terburu-buru sehingga kurang teliti dalam mengerjakan soal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkan antisipasi impulsif siswa dalam menyelesaikan soal integral. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Tes berupa soal luas daerah polinom berderajat dua. Wawancara dilakukan kepada siswa dengan kategori antisipasi impulsif. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa membaca soal hanya 1 kali, (2) siswa menemukan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, (3) siswa tidak menguraikan soal secara rinci, (4) siswa tidak menggabungkan krietria-kriteria yang diketahui dalam soal, (5) siswa tidak dapat menemukan kaitan antara hal-hal yang ditanyakan dan hal-hal yang diketahui, (6) siswa mengerjakan soal dengan tergesa-gesa dan spontan, dan (7) siswa tidak mempertimbangkan alternatif jawaban lain. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu siswa kategori ini, sehingga dengan siswa yang bersangkutan dapat diarahkan ke antisipasi analitik.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]