• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN WOTGALIH 01 YOSOWILANGUN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Winda Listyaningsih.pdf (166.8Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Winda Listyaningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wotgalih 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang yang terdiri dari 26 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 50% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 92,30% sehingga peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 42,30%. Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 61,53%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 88,46% jadi memenuhi SKM yang di tetapkan SDN Wotgalih 01 Yosowilangun Lumajang yaitu sebesar 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah , persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 61,53% dengan siswa tuntas sebanyak 16 dari 26 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus II yaitu 88,46% dengan siswa tuntas sebanyak 23 dari 26 siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang praktis, aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik, dapat terjalin adanya interaksi yang baik antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, serta siswa dengan sumber belajar, sehingga pemanfaatan sumber belajar dapat optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7083
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail