PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN WOTGALIH 01 YOSOWILANGUN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wotgalih 01 Kecamatan
Yosowilangun Kabupaten Lumajang yang terdiri dari 26 siswa. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I
presentase aktivitas belajar 50% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar
sebesar 92,30% sehingga peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II adalah
42,30%. Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar
pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I persentase hasil
belajar sebesar 61,53%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 88,46% jadi
memenuhi SKM yang di tetapkan SDN Wotgalih 01 Yosowilangun Lumajang yaitu
sebesar 65%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah ,
persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 61,53% dengan siswa tuntas
sebanyak 16 dari 26 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar
siklus II yaitu 88,46% dengan siswa tuntas sebanyak 23 dari 26 siswa. Peningkatan
hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%, sehingga dapat menciptakan
suasana belajar yang praktis, aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, dapat
memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan
kerjasama yang baik, dapat terjalin adanya interaksi yang baik antara guru dengan
siswa, siswa dengan siswa, serta siswa dengan sumber belajar, sehingga pemanfaatan
sumber belajar dapat optimal.