dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan sebgai berikut: (1)
penggunaan metode cerita berantai dilaksanakan untuk membantu peningkatan
keterampilan siswa dalam berbicara dengan baik dan benar Langkah-langkah yang
dapat meningkatkakan keterampilan berbicara siswa adalah (1) penggunaan metode
cerita berantai yang membuat siswa termotivasi dan aktif berimajinasi dan berpikir,
siswa melanjutkan cerita di depan kelas dengan topik tertentu. (2) dalam evaluasi
akhir berupa tes individu, siwa membuat teks cerita dan di sampaikan didepan kelas.
sehingga hasil tes siswa lebih meningkat apabila dibandingkan dengan pembelajaran
sebelumnya. (2) keterampilan siswa dalam berbicara setelah menggunakan metode
cerita berantai mengalami peningkatan Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil
evaluasi pembelajaran di kelas IV. Pada siklus I, keterampilan siswa dalam berbicara
masih sangat kurang, sehingga berpengaruh terhadap pembelajaran. Hasil dari
evaluasi siklus I, siswa tuntas sebanyak 36 siswa dan siswa tidak tuntas sebanyak 15
siswa, persentase ketuntasan sebanyak 70,58%. Pada siklus II, hasil tes keterampilan
berbicara siswa mengalami peningkatan. Siswa tuntas sebanyak 49 siswa dan siswa
tidak tuntas sebanyak 2 siswa, siswa yang tuntas dengan persentase 96,07 %. Saran
bagi guru, jika menggunakan metode cerita berantai hendaknya mempersiapkan
materi dengan baik, dengan pengaturan alokasi waktu yang efektif. Bagi peneliti lain,
hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan
untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar. | en_US |