• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN MANGLI 01 DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERITA BERANTAI

    Thumbnail
    View/Open
    Waode Nur Alim.pdf (135.7Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Waode Nur Alim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan sebgai berikut: (1) penggunaan metode cerita berantai dilaksanakan untuk membantu peningkatan keterampilan siswa dalam berbicara dengan baik dan benar Langkah-langkah yang dapat meningkatkakan keterampilan berbicara siswa adalah (1) penggunaan metode cerita berantai yang membuat siswa termotivasi dan aktif berimajinasi dan berpikir, siswa melanjutkan cerita di depan kelas dengan topik tertentu. (2) dalam evaluasi akhir berupa tes individu, siwa membuat teks cerita dan di sampaikan didepan kelas. sehingga hasil tes siswa lebih meningkat apabila dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. (2) keterampilan siswa dalam berbicara setelah menggunakan metode cerita berantai mengalami peningkatan Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di kelas IV. Pada siklus I, keterampilan siswa dalam berbicara masih sangat kurang, sehingga berpengaruh terhadap pembelajaran. Hasil dari evaluasi siklus I, siswa tuntas sebanyak 36 siswa dan siswa tidak tuntas sebanyak 15 siswa, persentase ketuntasan sebanyak 70,58%. Pada siklus II, hasil tes keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Siswa tuntas sebanyak 49 siswa dan siswa tidak tuntas sebanyak 2 siswa, siswa yang tuntas dengan persentase 96,07 %. Saran bagi guru, jika menggunakan metode cerita berantai hendaknya mempersiapkan materi dengan baik, dengan pengaturan alokasi waktu yang efektif. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7067
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository