PENGAMBILAN KEPUTUSAN PIMPINAN STRUKTURAL TINGKAT FAKULTAS DI UNIVERSITAS JEMBER DALAM MEMILIH PRODUK TELKOMSEL
Abstract
Perilaku konsumen merupakan tahapan yang akan menjadi suatu tindakan
pengambilan keputusan dalam memilih sebuah produk. Pengetahuan tentang perilaku
konsumen merupakan kunci kesuksesan utama bagi pemasar. Karena sebelum
melakukan pembelian atau pemakaian suatu produk atau menggunakan layanan jasa,
biasanya konsumen akan melakukan proses pengambilan keputusan. Proses
pengambilan keputusan yaitu proses dimana konsumen mempersepsikan dan
mengevaluasi informasi, mempertimbangkan alternatif yang memenuhi kebutuhan
konsumen dan mengambil keputusan pada suatu merek tertentu. Pengetahuan tentang
pengambilan keputusan penting untuk diketahui terutama bagi perusahaan, karena
akan mengetahui apa yang diinginkan, dibutuhkan serta gagasan dari konsumen.
Telkomsel sebagau salah satu perusahaan operator telepon seluler terbesar di
Indonesia, semakin menunjukkan eksistensinya di dunia penyedia layanan jasa
telekomunikasi. Telkomsel juga merupakan perusahaan operator telepon seluler
dengan jumlah pelanggan terbanyak dibandingkan perusahaan – perusahaan sejenis.
Universitas Jember sebagai salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Jember
merupakan salah satu pasar sasaran potensial bagi perusahaan – perusahaan operator
telepon seluler seperti Telkomsel. Pimpinan struktural yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah pimpinan tingkat fakultas mulai dari tingkat Dekanat, Kajur,
Kaprodi, Kabag hingga tingkat Kassubag. Pemilihan pimpinan struktural sebagai
obyek penelitian adalah untuk mengetahui perilaku pimpinan struktural dan faktor
dominan yang menjadi pertimbangan dalam memilih produk Telkomsel.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan
pengambilan keputusan pimpinan struktural di Universitas Jember dalam memilih
produk Telkomsel. Penelitian ini akan menggambarkan bagaimana pengambilan
keputusan yang dilakukan pimpinan struktural tingkat fakultas di Universitas Jember
dalam memilih produk Telkomsel. Penelitian yang dilakukan dengan metode
Deskriptif dengan paradigma kuantitatif menggunakan tabel frekuensi dan tabel
silang sebagai alat untuk menganalisis. Hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui
bahwa dari 71 responden sebanyak 44 responden lebih memilih produk Simpati
dibandingkan produk Telkomsel yang lain yaitu Kartu HALO maupun Kartu As.
Faktor Sosial dan Faktor Bauran Pemasaran merupakan faktor dominan dalam
mempengaruhi pengambilan keputusan pimpinan struktural tingkat fakultas di
Universitas Jember dalam memilih produk Telkomsel.