• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI KEGIATAN MELENGKAPI KALIMAT BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS IB SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Wa Ode Sri Nunung.pdf (1.378Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    WA ODE SRI NUNUNG
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Baratan 01 Jember pada 27 April 2011 sampai dengan 6 Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas IB SDN Baratan 01 Jember, yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Analisis data penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar siswa pada materi tersebut hanya mencapai 32% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan >65%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 55%. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I, agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 89%. Berdasarkan hasil tersebut, melalui kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas 1B SDN Baratan 01 Jember mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana melalui kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar, maka saran yang diberikan yaitu (a) bagi guru, seorang guru dituntut untuk kreatif dan mencari alternatif terbaik dalam membelajarkan siswanya, (c) sekolah seharusnya menyediakan media pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan (c) bagi siswa, siswa hendaknya lebih meningkatkan minatnya terhadap menulis dan lebih aktif dalam pembelajaran agar lebih memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, dan (d) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat menjadi masukan untuk penelitian sejenis dalam bahasan yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7060
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository