PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI KEGIATAN MELENGKAPI KALIMAT BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS IB SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan
di SDN Baratan 01 Jember pada 27 April 2011 sampai dengan 6 Mei 2011. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IB SDN Baratan 01 Jember, yang berjumlah 31 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari
tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan
data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Analisis data penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil
belajar siswa pada materi tersebut hanya mencapai 32% atau belum mencapai
ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan
walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan >65%, dengan
ketuntasan klasikal sebesar 55%. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan
memperhatikan hasil refleksi pada siklus I, agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada
siklus II, hasil belajar siswa mencapai 89%. Berdasarkan hasil tersebut, melalui
kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar keterampilan menulis kalimat
sederhana pada siswa kelas 1B SDN Baratan 01 Jember mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan keterampilan menulis kalimat
sederhana melalui kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar, maka saran
yang diberikan yaitu (a) bagi guru, seorang guru dituntut untuk kreatif dan mencari
alternatif terbaik dalam membelajarkan siswanya, (c) sekolah seharusnya
menyediakan media pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran
yang diharapkan (c) bagi siswa, siswa hendaknya lebih meningkatkan minatnya
terhadap menulis dan lebih aktif dalam pembelajaran agar lebih memahami pelajaran
yang disampaikan oleh guru, dan (d) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat menjadi
masukan untuk penelitian sejenis dalam bahasan yang berbeda.