ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP MULTI ATRIBUT DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI JEMBER
Abstract
Sepeda motor rnerupakan  salah satu sarana transportasi yang banyak dipergunakan oleh masyarakat pada umumnya. Sebagai sarana transportasi sepeda motor sangat perlu untuk mendukung aktivitas seseorang dalam kehidupan sehari-harinya, Diantaranya untuk berkerja, kesekolah, berbelanja dan sebagainya. Selain itu sepeda motor dapat juga berguna sebagai mata pencaharian guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Tinggi permintaan pasar terhadap sepeda motor terlihat  dengan banyak perusahaan sepeda motor yang ada di Indonesia. Khususnya di  daerah Jember permintaan akan sepeda motor cukup  tinggi. Ini bisa dilihat dengan banyaknya dealer sepeda motor yang ada di  Jember, diantaranya Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan merk lainya. Honda sebagai salah satu merk sepeda motor yang sangat diminati oleh masyarakat Jember Khususnya harus  mampu bersaing dalam mempertahankan pasar dan merebut pasar yang masih ada. Guna mempertahankan pasar yang  ada dan merebut pasar yang belum  dikuasai Honda, maka diharapkan   Honda perlu mengetahui bagaimana karakreristik konsumennya dan apa yang  diharapkan mereka. Berbekal pengetahuan ini, diharapkan dealer Honda menarik konsumen untuk  membeli sepeda motor Honda yang  ditawarkan. Untuk itu penelitian tentang "Analisis Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Multi Atribut Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Jember", bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan skala prioritas konsumen terhadap multi atribut sepeda motor Honda yang ditawarkan, serta  untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh karakteristik terhadap multi atribut sepeda motor Honda yang ditawarkan. Adapun karakteristik konsumen yang digunakan dalam  penelitian ini meliputi jenis  kelamin, status, usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Multi atribut sepeda motor Honda yang di teliti adalah harga,  purna jual,  service  dan kualitas.
Mengunakan tabel silang (Cross Tabulation) diperoleh hasil bahwa yang menjadi urutan prioritas kebutuhan konsumen Sepeda Motor Honda di  Jember adalah: kualitas, purnajual, service, dan harga. Uji dependensi (Chi   Square) menunjukan bahwa status sosial dan pekerjaan berpengaruh   terhadap pemilihan multi atribut sepeda motor Honda yang ditawarkan.
Hal tersebut diatas dapat dijadikan pertimbangan bagi perusahaan / dealer sepeda motor Honda dalam mengembangkan bisnis yang dikelola   dikemudian hari.
