Show simple item record

dc.contributor.authorUSMAN HADIYONO SANTOSO
dc.date.accessioned2013-12-10T01:53:30Z
dc.date.available2013-12-10T01:53:30Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210274034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7037
dc.description.abstractPembelajaran IPS adalah pembelajaran yang mengedepankan berpikir logis dan analitis. Selain itu pada pembelajaran IPS dikembangkan sikap sosial. Pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kepatihan 03 jarang sekali terjadi interaksi antar siswa dan pengembangan berpikir logis dan analitis. Oleh sebab itu hasil belajar siswa belum tuntas. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang aktivitas dan potensi daerah melalui penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011. (2) Peningkatan aktivitas hasil siswa pada pembelajaran IPS tentang aktivitas dan potensi daerah melalui penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif Pengambilan data dimulai pada tanggal 18 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keaktifan, kerjasama dalam kelompok dan peran dalam kelompok selama pembelajaran. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada cukup aktif, pada siklus II meningkat pada kategori aktif. Hasil tes tulis menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada prasiklus porsentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Siklus I sebesar 66,67% terjadi peningkatan sebesar 26,67%. Pada siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 84,44%, terjadi peningkatan sebesar 17,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi materi aktivitas dan potensi ekonomi daerah melalui pendekatan CTL.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274034;
dc.subjectHasil Belajar, CTLen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKTIVITAS DAN POTENSI EKONOMI DAERAH MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 03 KALIWATES – JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record