PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKTIVITAS DAN POTENSI EKONOMI DAERAH MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 03 KALIWATES – JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
Abstract
Pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang mengedepankan berpikir
logis dan analitis. Selain itu pada pembelajaran IPS dikembangkan sikap sosial.
Pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kepatihan 03 jarang sekali terjadi
interaksi antar siswa dan pengembangan berpikir logis dan analitis. Oleh sebab itu
hasil belajar siswa belum tuntas. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini
adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
IPS tentang aktivitas dan potensi daerah melalui penerapan pendekatan CTL pada
siswa kelas IV SDN kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011.
(2) Peningkatan aktivitas hasil siswa pada pembelajaran IPS tentang aktivitas dan
potensi daerah melalui penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN
kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan
sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif
Pengambilan data dimulai pada tanggal 18 Februari 2011. Berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi
menujukkan peningkatan aktivitas guru pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja
yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keaktifan, kerjasama
dalam kelompok dan peran dalam kelompok selama pembelajaran. Siklus I
aktivitas belajar siswa berada pada cukup aktif, pada siklus II meningkat pada
kategori aktif. Hasil tes tulis menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada
prasiklus porsentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Siklus I sebesar 66,67%
terjadi peningkatan sebesar 26,67%. Pada siklus II porsentase ketuntasan klasikal
sebesar 84,44%, terjadi peningkatan sebesar 17,17%. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada
materi materi aktivitas dan potensi ekonomi daerah melalui pendekatan CTL.