dc.description.abstract | Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Sumberejo 10
Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dapat diketahui beberapa permasalahan
yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang
timbul antara lain: (1) guru masih sering menggunakan metode ceramah dalam
kegiatan pembelajaran; (2)kurang adanya keaktifan siswa dalam kegiatan
pembelajaran seperti memperhatikan pelajaran, kerjasama, berpendapat, dan
bertanya; (3) ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai terlihat dari hasil
belajar siswa secara klasikal yang mencapai KKM kurang dari 80 %. Adapun
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa
dengan jalan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan
pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan,
tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III
SDN Sumberejo 10 kecamatan Ambulu Kabupaten Jember yang terdiri dari 32
siswa, 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap aktivitas dan
hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa mulai dari komponen
memperhatikan pelajaran, kerjasama, berpendapat, serta bertanya ditunjukkan
dengan adanya kenaikan prosentase komponen aktivitas siswa tanpa diperintah
guru pada siklus 1 mencapai 37,5% meningkat menjadi 71,9% pada siklus 2.
Untuk peningkatan terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya
kenaikan ketuntasan klasikal pada siklus 1 yang semula mencapai 75% meningkat
menjadi 87,5% pada siklus 2 serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam
kegiatan pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya
guru senantiasa dapat menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode
eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III
SDN Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. | en_US |