Show simple item record

dc.contributor.authorULFAH RETNO DEWI
dc.date.accessioned2013-12-10T01:46:17Z
dc.date.available2013-12-10T01:46:17Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210274040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7023
dc.description.abstractDari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) guru masih sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran; (2)kurang adanya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti memperhatikan pelajaran, kerjasama, berpendapat, dan bertanya; (3) ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai terlihat dari hasil belajar siswa secara klasikal yang mencapai KKM kurang dari 80 %. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumberejo 10 kecamatan Ambulu Kabupaten Jember yang terdiri dari 32 siswa, 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa mulai dari komponen memperhatikan pelajaran, kerjasama, berpendapat, serta bertanya ditunjukkan dengan adanya kenaikan prosentase komponen aktivitas siswa tanpa diperintah guru pada siklus 1 mencapai 37,5% meningkat menjadi 71,9% pada siklus 2. Untuk peningkatan terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya kenaikan ketuntasan klasikal pada siklus 1 yang semula mencapai 75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus 2 serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274040;
dc.subjectPendekatan Kontekstual, Metode Eksperimen, Aktivitas, Hasil Belajar, IPAen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN GERAK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBEREJO 10 KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record