• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN GERAK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBEREJO 10 KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ulfah Retno D..pdf (233.6Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    ULFAH RETNO DEWI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) guru masih sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran; (2)kurang adanya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti memperhatikan pelajaran, kerjasama, berpendapat, dan bertanya; (3) ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai terlihat dari hasil belajar siswa secara klasikal yang mencapai KKM kurang dari 80 %. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumberejo 10 kecamatan Ambulu Kabupaten Jember yang terdiri dari 32 siswa, 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa mulai dari komponen memperhatikan pelajaran, kerjasama, berpendapat, serta bertanya ditunjukkan dengan adanya kenaikan prosentase komponen aktivitas siswa tanpa diperintah guru pada siklus 1 mencapai 37,5% meningkat menjadi 71,9% pada siklus 2. Untuk peningkatan terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya kenaikan ketuntasan klasikal pada siklus 1 yang semula mencapai 75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus 2 serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7023
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository