Show simple item record

dc.contributor.authorIda Ayu Made Winasista Suandewi
dc.date.accessioned2013-12-10T01:42:57Z
dc.date.available2013-12-10T01:42:57Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM060910202041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7017
dc.description.abstractSalah satu strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh perusahaan agar produknya dikenal dan diminati oleh konsumen diantaranya adalah menyangkut brand atau merek. Jika konsumen membeli produk dengan merek tertentu berarti konsumen memiliki keyakinan positif terhadap merek tersebut dan konsumen akan cenderung menilai merek produk tersebut bagus. Bila konsumen memiliki citra positif terhadap merek produk tersebut berarti konsumen mempunyai kesan yang baik pada produk tersebut begitu juga sebaliknya, bila konsumen memiliki citra negatif terhadap merek produk tersebut berarti konsumen mempunyai kesan yang jelek. Salah satu fenomena yang ada saat ini adalah batik sedang menjadi trend fashion yang sangat digemari oleh masyarakat sehingga membuat konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk batik tersebut dengan merek tertentu. Fenomena tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul: Kontribusi Perilaku Konsumen Dalam Membentuk Citra Merek “Batik Jember” Rumah Batik Rolla. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah apakah citra merek “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla dapat bersaing di pasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan citra merek produk “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla dalam bersaing di pasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk “Batik Jember” yang dihasilkan oleh Rumah Batik Rolla. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling karena sampel ditentukan oleh peneliti berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu 30 responden yang diambil dari data konsumen pada bulan Juli 2010 dan merupakan konsumen Rumah Batik Rolla yang bertempat tinggal di Kabupaten Jember dan menggunakan produk “Batik Jember yang dihasilkan oleh Rumah Batik Rolla. Analisis yang digunakan adalah analisis tabel distribusi frekuensi relatif dan analisis deskriptif persentase. Pada penelitian ini terdapat indikator-indikator citra merek produk “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla karena adanya kontribusi dari perilaku konsumen, yaitu indikator kualitas produk, indikator manfaat produk, indikator pelayanan, indikator resiko dan indikator harga produk. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu merek produk “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla citra merek produk “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla dapat bersaing di pasaran karena adanya kontribusi perilaku konsumen yang diberikan terhadap merek produk tersebut karena persentase untuk indikator kualitas produk sebesar 77,33 persen; indikator manfaat produk sebesar 100 persen; indikator pelayanan sebesar 76,67 persen; indikator resiko yang tidak pernah dialami konsumen sebesar 70 persen; dan indikator harga produk sebesar 62,22 persen. Saran yang diberikan pada penelitian ini Rumah Batik Rolla perlu mempertahankan produknya agar konsumen dapat lebih meningkatkan daya belinya terhadap produk tersebut dan dapat menciptakan citra merek yang lebih positif lagi. Selain itu, Rumah Batik Rolla juga perlu meningkatkan citra merek produknya untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910202041;
dc.subjectPerilaku Konsumen, Citra Mereken_US
dc.titleKONTRIBUSI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBENTUK CITRA MEREK “BATIK JEMBER” RUMAH BATIK ROLLAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record