KONTRIBUSI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBENTUK CITRA MEREK “BATIK JEMBER” RUMAH BATIK ROLLA
Abstract
Salah satu strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh perusahaan agar
produknya dikenal dan diminati oleh konsumen diantaranya adalah menyangkut
brand atau merek. Jika konsumen membeli produk dengan merek tertentu berarti
konsumen memiliki keyakinan positif terhadap merek tersebut dan konsumen akan
cenderung menilai merek produk tersebut bagus. Bila konsumen memiliki citra
positif terhadap merek produk tersebut berarti konsumen mempunyai kesan yang baik
pada produk tersebut begitu juga sebaliknya, bila konsumen memiliki citra negatif
terhadap merek produk tersebut berarti konsumen mempunyai kesan yang jelek.
Salah satu fenomena yang ada saat ini adalah batik sedang menjadi trend
fashion yang sangat digemari oleh masyarakat sehingga membuat konsumen untuk
melakukan pembelian terhadap produk batik tersebut dengan merek tertentu.
Fenomena tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul:
Kontribusi Perilaku Konsumen Dalam Membentuk Citra Merek “Batik Jember”
Rumah Batik Rolla. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul
adalah apakah citra merek “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla
dapat bersaing di pasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan
citra merek produk “Batik Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla dalam
bersaing di pasaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk “Batik
Jember” yang dihasilkan oleh Rumah Batik Rolla. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan purposive sampling karena sampel ditentukan oleh
peneliti berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu 30 responden yang diambil dari data
konsumen pada bulan Juli 2010 dan merupakan konsumen Rumah Batik Rolla yang
bertempat tinggal di Kabupaten Jember dan menggunakan produk “Batik Jember
yang dihasilkan oleh Rumah Batik Rolla. Analisis yang digunakan adalah analisis
tabel distribusi frekuensi relatif dan analisis deskriptif persentase.
Pada penelitian ini terdapat indikator-indikator citra merek produk “Batik
Jember” yang diproduksi oleh Rumah Batik Rolla karena adanya kontribusi dari
perilaku konsumen, yaitu indikator kualitas produk, indikator manfaat produk,
indikator pelayanan, indikator resiko dan indikator harga produk.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu merek produk “Batik Jember” yang
diproduksi oleh Rumah Batik Rolla citra merek produk “Batik Jember” yang
diproduksi oleh Rumah Batik Rolla dapat bersaing di pasaran karena adanya
kontribusi perilaku konsumen yang diberikan terhadap merek produk tersebut karena
persentase untuk indikator kualitas produk sebesar 77,33 persen; indikator manfaat
produk sebesar 100 persen; indikator pelayanan sebesar 76,67 persen; indikator
resiko yang tidak pernah dialami konsumen sebesar 70 persen; dan indikator harga
produk sebesar 62,22 persen. Saran yang diberikan pada penelitian ini Rumah Batik
Rolla perlu mempertahankan produknya agar konsumen dapat lebih meningkatkan
daya belinya terhadap produk tersebut dan dapat menciptakan citra merek yang lebih
positif lagi. Selain itu, Rumah Batik Rolla juga perlu meningkatkan citra merek
produknya untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.