PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG RASA ASIN
View/ Open
Date
2014Author
Sofia Nur Aini
Imam Syafi'i
Ebban Bagus Kuntadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Keripik singkong merupakan salah satu hasil olahan singkong yang digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang
enak dan renyah, harganya juga terjangkau. Terdapat banyak agroindustri keripik singkong di Kabupaten Bondowoso.
Keripik singkong yang banyak diproduksi di Kabupaten Bondowoso yaitu keripik singkong dengan varian rasa asin. Hal
ini dikarenakan konsumen menyukai keripik singkong rasa asin, terbukti dengan tingginya volume penjualan dan
permintaan konsumen terhadap keripik singkong rasa asin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso, (2)
mengetahui hubungan antara tingkat pendapatan konsumen dengan jumlah pembelian keripik singkong rasa asin di
Kabupaten Bondowoso, dan (3) mengetahui perilaku konsumen keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso.
Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif, analitik dan korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan convinience sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi pustaka dan observasi. Jenis data yang digunakan yaitu
meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis
faktor, (2) analisis chi-square, dan (3) analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso yaitu faktor
atribut produk dan pribadi, faktor sosial, serta faktor eksternal konsumen dan sumber informasi, (2) Terdapat hubungan
nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan jumlah pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten
Bondowoso, dengan elastisitas pendapatan inelastis (Ep < 1), (3) Perilaku konsumen keripik singkong rasa asin ditinjau
dari 2 aspek meliputi perilaku konsumen yang tampak (tangible) yaitu jumlah pembelian dan perilaku konsumen yang
tidak tampak (intangible) yaitu persepsi konsumen terhadap keripik singkong rasa asin. Jumlah pembelian paling
banyak yaitu 501 gram sd 1000 gram (jumlah pembelian tinggi) dengan total responden 40%, dan paling banyak
responden atau 53,33% responden menyatakan keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso bagus.