dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan model skema spiral penelitian tindakan kelas
Hopskins yang terdiri dari empat fase yaitu planning, ection, observation dan
reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 02
Kecamatan Jenggawah Jember tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa 29 orang,
terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes
akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses
pembelajaran dengan menerapkan teknik Pick Up Cards Game serta jawaban guru
dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan
pada tanggal 23 November 2010 sampai dengan 03 Desember 2010 dalam dua siklus,
meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa
( a p ) = 72,18% persentase terebut termasuk dalam kriteria aktif, nilai rata-rata hasil
belajarnya sebesar 64,82% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I termasuk
dalam kriteria cukup baik dengan persentase 65,56%, namun persentase tersebut
belum bisa dikatakan tuntas secara klasikal sesuai dengan SKM di SD Negeri
Kemuningsari Kidul 02 yaitu 75% sehingga perlu dilakukan perbaikan langkahlangkah
pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar
( a p ) = 80,23%, dengan kriteria sangat aktif, nilai rata-rata hasil belajarnya sebesar
72,07 dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II termasuk dalam kriteria baik
dengan persentase sebesar 82,76 %, yang mengalami peningkatan hasil belajar dari
siklus I ke siklus II sebesar 17%. Berdasarkan data dari siklus I dan siklus II tersebut
maka siswa telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas
dikatakan tuntas dalam belajar apabila di kelas terdapat minimal 75% dari jumlah
siswa yang telah mencapai nilai ≥65.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada pokok bahasan
kegiatan ekonomi dengan menggunakan teknik Pick Up Cards Game dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 02
Jember. | en_US |