• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI TEKNIK PICK UP CARDS GAME MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V SDN KEMUNINGSARI KIDUL O2 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Tanti A. Triana.pdf (207.9Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    TANTI AGUS TRIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan model skema spiral penelitian tindakan kelas Hopskins yang terdiri dari empat fase yaitu planning, ection, observation dan reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah Jember tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan teknik Pick Up Cards Game serta jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2010 sampai dengan 03 Desember 2010 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa ( a p ) = 72,18% persentase terebut termasuk dalam kriteria aktif, nilai rata-rata hasil belajarnya sebesar 64,82% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I termasuk dalam kriteria cukup baik dengan persentase 65,56%, namun persentase tersebut belum bisa dikatakan tuntas secara klasikal sesuai dengan SKM di SD Negeri Kemuningsari Kidul 02 yaitu 75% sehingga perlu dilakukan perbaikan langkahlangkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar ( a p ) = 80,23%, dengan kriteria sangat aktif, nilai rata-rata hasil belajarnya sebesar 72,07 dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 82,76 %, yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Berdasarkan data dari siklus I dan siklus II tersebut maka siswa telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas dalam belajar apabila di kelas terdapat minimal 75% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥65. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan menggunakan teknik Pick Up Cards Game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 02 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7001
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository