MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW DI SDN 2 SUKOREJO
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada siklus 1
dan siklus 2, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS di kelas III SDN 02
Sukorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan
Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw pada materi Pentingnya Semangat Kerja
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada pra siklus nilai rata-rata
siswa hanya 60,2 menjadi 94,7 pada akhir siklus2 dan prosentase ketuntasan
belajar siswa dari 52,6% menjadi 100% sampai akhir siklus 2.
Dengan menggunakan metode ini juga aktifitas belajar siswa juga
meningkat mulai dari pra siklus 53,6% pada siklus 2 menjadi 100%. Hal ini bisa
dilihat dari peningkatan nilai mata pelajaran IPS yang diperoleh siswa dengan
penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw pada prasiklus sampai
siklus II.