• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TEMA LINGKUNGAN MATA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI KRANJINGAN 05 SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Binti Muslimah_1.pdf (122.4Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Binti Muslimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model Role Playing (Bermain Peran) merupakan model untuk menghadirkan peran-peran yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu pertunjukan peran di dalam kelas/pertemuan yang kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi agar peserta memberikan penilaian terhadap peran yang telah ditampilkan. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, penghayatan serta penanaman sikap dan perilaku yang mendasar, karena pada pembelajaran Role Playing siswa dapat mencoba mengeksplorasikan hubungan antar manusia dengan cara memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasikan perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah. Dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing maka hasil belajar siswa akan meningkat. Hasil observasi siswa kelas III di SD Negeri Kranjingan 05 menunjukan hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Role Playing tema lingkungan mata pelajaran PKn kelas III SD Negeri Kranjingan 05 Sumbersari Jember?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kranjingan 05 Sumbersari Jember pada mata pelajaran PKn tema lingkungan dengan menggunakan model Role Playing?. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Kranjingan 05 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan siswa, pedoman wawancara, soal tes, RPP, dan daftar nilai ulangan harian Model Role Playing akan memberikan pengalaman menarik bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Selain itu, juga dapat meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan karena siswa belajar dengan berdasarkan pada permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari. Pada siklus I, kegiatan pembelajaran belum terlaksana dengan baik, guru kurang dapat mengatur strategi pembelajaran sehingga siswa kurang berkonsentrasi dengan penjelasan guru. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tatap muka selanjutnya dilakukan test. Pada siklus II pelaksanaan menjadi lebih baik, guru telah membagi tugas pada tiap siswa dalam kelompok sehingga meminimalkan kegaduhan dalam kelas. Siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka selanjutnya dilakukan test. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I persentase hasil belajar siswa adalah 63,33 %. Pada siklus II , persentase hasil belajar siswa adalah 76,67 %. Hal tersebut menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 13,34%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model Role Playing. Saran peneliti yaitu bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat digunakan sebagai variasi dalam menyajikan materi,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6986
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository