dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kaligondo 08
Banyuwangi , pada hari kamis 06 Oktober 2011 dalam pelaksanaan pembelajaran di
kelas penggunaan model pembelajaran yang variatif masih kurang mendominasi dan
guru cenderung menggunakan model konvensional pada setiap pembelajaran. Hal
ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan guru terhadap model-model
pembelajaran yang inovatif, padahal penguasaan terhadap model-model
pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru,
dan sangat sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kecenderungan proses belajar mengajar di sekolah yang berpusat pada guru
(teacher oriented) mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran
secara pasif. Sehingga siswa kesulitan untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan materi pelajaran IPS. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat
menggunakan berbagai media pembelajaranyang tepat dengan materi pembelajaran
secara kreatif yang dapat membuat siswa aktif dalam menerima materi pelajaran.
Salah satu pembelajaran yang berorientasi tersebut yaitu model pembelajaran
Cooperative Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran
IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam
dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match (Mencari
Pasangan) di kelas IV SDN 08 Kaligondo BanyuwangiTahun Pelajaran 2011-2012?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam
memanfaatkan sumber daya alam model pembelajaran Cooperative Learning tipe
Make a Match (Mencari Pasangan) di kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi
Tahun Pelajaran 2011-2012.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di SDN Kaligondo 08 Banyuwangi, subjek penelitian yaitu siswa kelas
IV sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tangal 06 Oktober 2011 sampai 20
Januari 2012.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat
disimpulkan: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS dengan Model
Pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match (Mencari Pasangan) di
kelas IV SDN Kaligondo 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011-2012, berjalan
dengan baik meskipun belum optimal. Pada siklus I persentase aktivitas siswa
secara klasikal sebesar 68,80 % dan termasuk dalam katagori aktif. Pada siklus II
persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 76,00 % dan termasuk dalam
katagori aktif. Secara klasikal berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas siswa
mengalami peningkatan sebesar 7,2 % atau dengan rata-rata 72,4 % dalam kriteria
aktif. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan tindakan
pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,00% atau 14 siswa sudah
tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90,00%
atau 18 siswa sudah tuntas belajar. Hal tersebut menandakan bahwa peningkatan
hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 20,00 %. Saran
peneliti, berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran
Cooperative learning tipe Make a Match (Mencari Pasangan) dapat dijadikan
alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa. | en_US |