• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN 08 KALIGONDO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Anggi Serliana_1.pdf (226.4Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Anggi Serliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kaligondo 08 Banyuwangi , pada hari kamis 06 Oktober 2011 dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas penggunaan model pembelajaran yang variatif masih kurang mendominasi dan guru cenderung menggunakan model konvensional pada setiap pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan guru terhadap model-model pembelajaran yang inovatif, padahal penguasaan terhadap model-model pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, dan sangat sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kecenderungan proses belajar mengajar di sekolah yang berpusat pada guru (teacher oriented) mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif. Sehingga siswa kesulitan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran IPS. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menggunakan berbagai media pembelajaranyang tepat dengan materi pembelajaran secara kreatif yang dapat membuat siswa aktif dalam menerima materi pelajaran. Salah satu pembelajaran yang berorientasi tersebut yaitu model pembelajaran Cooperative Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match (Mencari Pasangan) di kelas IV SDN 08 Kaligondo BanyuwangiTahun Pelajaran 2011-2012? Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match (Mencari Pasangan) di kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011-2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Kaligondo 08 Banyuwangi, subjek penelitian yaitu siswa kelas IV sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tangal 06 Oktober 2011 sampai 20 Januari 2012. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match (Mencari Pasangan) di kelas IV SDN Kaligondo 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011-2012, berjalan dengan baik meskipun belum optimal. Pada siklus I persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 68,80 % dan termasuk dalam katagori aktif. Pada siklus II persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 76,00 % dan termasuk dalam katagori aktif. Secara klasikal berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 7,2 % atau dengan rata-rata 72,4 % dalam kriteria aktif. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan tindakan pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,00% atau 14 siswa sudah tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90,00% atau 18 siswa sudah tuntas belajar. Hal tersebut menandakan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 20,00 %. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Cooperative learning tipe Make a Match (Mencari Pasangan) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6984
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository