MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN UANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TEMPEL PADA SEMESTER GENAP DI SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media gambar pada
siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan
kelas adalah suatu penlidikan atau kajian secara sistematis dn terencana yang
dilakukan oleh peneliti atau praktisi (guru)
Hasil dan Pembahasan berdasarkan hasil penelitia dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media
gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi
pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011.
viii
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember pada tanggal 24 Mei 2011
sampai tanggal 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah
siswa 49, terdiri atas 32 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes
akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas
IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar
siswa 54%, aktivitas kelompok 63%, dan hasil tes formatif I 65%. Sedangkan
ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40%. Hasil persentase ketuntasan belajar
siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar
siswa 93%, aktivitas kelompok 88%, dan hasil tes formatif II 83%. Sedangkan
ketumtasan klasikal pada siklus II mencapai 85%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peningkatan hasil belajar melalui
pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok
bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi siswa kelas IV SDN Mangli 01
Jember berjalan dengan baik dan mendapatkan renspon positif dari siswa maupun
guru. (2) pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari
siklus I sampai dengan siklus II sehingga pembelajaran dianggap telah mencapai
SKM yang ditentukan oleh sekolah.