• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN UANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TEMPEL PADA SEMESTER GENAP DI SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    ST. Anita Hardiyanti B..pdf (133.3Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    ST. ANITA HARDIYANTI B.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan kelas adalah suatu penlidikan atau kajian secara sistematis dn terencana yang dilakukan oleh peneliti atau praktisi (guru) Hasil dan Pembahasan berdasarkan hasil penelitia dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. viii Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember pada tanggal 24 Mei 2011 sampai tanggal 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 49, terdiri atas 32 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar siswa 54%, aktivitas kelompok 63%, dan hasil tes formatif I 65%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40%. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar siswa 93%, aktivitas kelompok 88%, dan hasil tes formatif II 83%. Sedangkan ketumtasan klasikal pada siklus II mencapai 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember berjalan dengan baik dan mendapatkan renspon positif dari siswa maupun guru. (2) pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II sehingga pembelajaran dianggap telah mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository