Peranan Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi The Role Of Satisfaction In Madiate Relationship Marketing Effect To Patients Loyalty Nahdlatul Ulama Banyuwangi Hospital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepuasan dalam memediasi pengaruh relationship marketing terhadap lotalitas pasien rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi. Rancangan penelitian ini merupakan jenis confirmatory research. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat inap dan pasien rawat jalan rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi tahun 2012 sampai dengan tahun 2014 dan metode pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 110 pasien. Metode analisis data yang digunakan adalah structural equation model. Hasil penelitian menunjukan bahwa relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi, relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi dan relationship marketing mempunyai peranan lebih besar dalam mempengaruhi loyalitas pasien rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi.