MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn PADA POKOK BAHASAN MENERIMA KEKALAHAN MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS II SDN KEBONAGUNG 02 KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran PKn dengan menggunakan
metode CTL ( Contextual Teaching and Learning ) maka diperoleh kesimpulan
sebagai berikut :
1. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya
peningkatan. Indicator peningkatan tersebut dapat kita lihat dari hasil
observasi siswa dimana pada siklus 1 yaitu sebesar 47 % dari total 33 siswa..
Pada siklus 2 aktifitas belajar siswa secara klasikal yaitu sebanyak 27 siswa
atau sebesar 82 % dari total 33 siswa. Ini berarti dari siklus 1 kesiklus 2
peningkatan ada 35%.
2. Hasil Belajar siswadengan menggunakan pendekatan CTL ( Contextual
Teaching and Learning ) pada pembelajaran PKn mengalami peningkatan.
Indicator peningkatan dapat diketahui dari siklus 1 hasil belajar siswa secara
klasikal yaitu nilai > 60 sebanyak 16 siswa atau sebesar 47 % dari total 33
siswa. Sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa secara klasikal yaitu nilai >
60 sebanyak 27 siswa atau sebesar 82 % dari total 33 siswa. Berarti dari siklus
1 ke siklus 2 peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35%.