Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Septiana Wardaningsih
dc.date.accessioned2013-12-10T00:39:07Z
dc.date.available2013-12-10T00:39:07Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210191145
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6972
dc.description.abstractUjian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah Sebagai alat evaluasi, soal-soal pada ujian nasional harus mencakup seluruh materi dan dapat mewakili berbagai kemampuan berpikir, seperti ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi (Wijayanti, 2009:3). Soal–soal pada ujian nasional juga harus berkualitas yang mana kualitas ini dapat dilihat dari karakteristik soal (Fadilah, 2008:11). Sehingga ujian nasional benarbenar menjadi alat evaluasi yang hasilnya dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dari proses belajar siswa di sekolah. Dari uaraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana pendistribusian materi berdasarkan tingkatan kelas, tingkat kognitif soal, serta karakteristik soal ujian nasional matematika SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan distribusi ruang lingkup materi pada masing-masing kelas VII, VIII, dan IX; tingkat kognitif, dan karakteristik soal pada soal ujian nasional matematika SMP. Objek dari penelitian ini adalah soal ujian nasional matematika SMP tahun 2010 dan 2011. Untuk tahun 2010 terdiri dari dua paket soal, yaitu soal A (kode 16) dan soal B (kode 49). Sedangkan tahun 2011 terdiri dari lima paket soal yaitu paket 12, paket 25, paket 39, paket 46, dan paket 54. Masing–masing paket terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Soal diklasifikasi, dianalisis, dan diujicobakan pada siswa kelas IX SMP. Penentuan SMP tempat ujicoba menggunakan metode purposive sampling area. SMP yang dipilih sebagai tempat ujicoba adalah SMP Negeri 1 Kalisat dan SMP Negeri 2 Silo, yang selanjutnya pada masing-masing SMP akan dipilih secara acak satu kelas IX sebagai kelas uji coba. Penelitian terbagi menjadi dua langkah utama, yaitu (1) mengklasifikasi soal berdasarkan distribusi materi dan tingkat kognitif, dan (2) mengukur karakteristik soal. Klasifikasi dimulai dengan mengumpulkan soal ujian nasional bidang studi matematika, membuat tabel klasifikasi, melakukan analisis data, dan menarik kesimpulan. Adapun untuk mengukur karakteristik soal dimulai dengan mengumpulkan soal beserta kunci jawaban dan pembahasan, menyusun tabel perhitungan, mengujicobakan soal, melakukan analisis data, dan menarik kesimpulan. Analisa data yang digunakan merupakan analisa kualitatif yang diperoleh dari hasil klasifikasi dan perhitungan data uji coba. Berdasarkan hasil klasifikasi dan analisis pada soal ujian nasional matematika SMP tahun 2010 dan 2011 diperoleh informasi tentang distribusi materi berdasarkan tingkatan kelas, tingkat kognitif, dan karakteristik soal. Pada tahun 2010 distribusi materi pada soal adalah kelas VII 35%, kelas VIII 35%, dan kelas IX 30%. Sedangkan pada tahun 2011 distribusi materi pada soal adalah kelas VII 37,5%, kelas VIII 35%, dan kelas IX 27,5%. Tingkat kognitif soal berada pada level pengetahuan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3), dan analisis (C4) dengan proporsi 15%, 42,5%, 35%, dan 7,5% untuk tahun 2010. Sedangkan tahun 2011 dengan proporsi 17,5%, 40%, 35%, dan 7,5%. Pada soal terbagi menjadi empat kategori, yaitu baik, cukup, rendah, dan sangat rendah. Proporsi soal ujian nasional tahun 2010 pada soal A validitas item soal adalah 12,5% baik, 20% cukup, 50% rendah, dan 17,5% sangat rendah. Pada soal B proporsi soal validitas item adalah 25,5% baik, 52,5% cukup, 32,5% rendah, dan 2,5% sangat rendah. Pada soal terbagi menjadi empat kategori, yaitu sangat baik, baik, cukup, dan rendah Proporsi soal ujian nasional tahun 2011 pada soal tipe A validitas item soal adalah 12,5% sangat baik, 62,5% baik, 25% cukup. Pada soal tipe B proporsi soal validitas item adalah sangat baik, 57,5% baik, dan 22,5% cukup,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191145;
dc.subjectANALISIS DESKRIPTIFen_US
dc.titleANALISIS DESKRIPTIF SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN 2010 DAN 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record