PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI DI SDN TUKUM 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan pembelajaran di SDN Tukum 01 Lumajang kurang meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan media
pembelajaran yang disediakan oleh guru kurang bervariasi dan pembelajarannya masih
berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari
siswa. Hal ini disebabkan karena guru belum memiliki metode yang baik dalam mengajar,
guru hanya berceramah dan memberi tugas, dan media pembelajarannya juga belum
lengkap. Oleh karena itu, guru harus membantu memfasilitasi siswa untuk mengatasi
masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.
Media tiga dimensi adalah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya
secara visual tiga dimensional yang mempunyai panjang, lebar dan isi. Media tiga dimensi
yang dapat diproduksi dengan mudah, adalah tergolong sederhana dalam penggunaan dan
pemanfaatannya, karena tanpa harus memerlukan keahlian khusus, dapat dibuat sendiri oleh
guru, bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran
IPS pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat dengan menggunakan media
tiga dimensi di SDN Tukum 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan
rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan
alam di lingkungan setempat dengan menggunakan media tiga dimensi di SDN Tukum 01
Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tukum 01 Lumajang yang terdiri dari 42
siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan
mulai tanggal 12 September 2011 sampai dengan 9 Nopember 2011 dengan subjek
penelitian siswa kelas IV SDN Tukum 01 Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa
sebesar 43,15% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 60,12% dalam
kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,93% dan persentase
ketuntasan klasikal sebesar 47,62%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal
mencapai 71,90%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,86% sehingga secara
klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Tukum 01 Lumajang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan kenampakan alam di
lingkungan setempat. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
16,97%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 7,97% dan ketuntasannya
sebesar 45,24%. Oleh karena itu penelitian di SDN Tukum 01 Lumajang tuntas. Maka
berdasakan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba media tiga dimensi pada
materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru memberikan
pengalaman bahwa penerapan media itu bermanfaat ketika proses pembelajaran
berlangsung.