• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI DI SDN TUKUM 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Nurlia Widyastuti - 080210204154_1.pdf (288.6Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nurlia Widyastuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Tukum 01 Lumajang kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan media pembelajaran yang disediakan oleh guru kurang bervariasi dan pembelajarannya masih berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini disebabkan karena guru belum memiliki metode yang baik dalam mengajar, guru hanya berceramah dan memberi tugas, dan media pembelajarannya juga belum lengkap. Oleh karena itu, guru harus membantu memfasilitasi siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Media tiga dimensi adalah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensional yang mempunyai panjang, lebar dan isi. Media tiga dimensi yang dapat diproduksi dengan mudah, adalah tergolong sederhana dalam penggunaan dan pemanfaatannya, karena tanpa harus memerlukan keahlian khusus, dapat dibuat sendiri oleh guru, bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat dengan menggunakan media tiga dimensi di SDN Tukum 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat dengan menggunakan media tiga dimensi di SDN Tukum 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tukum 01 Lumajang yang terdiri dari 42 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 12 September 2011 sampai dengan 9 Nopember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tukum 01 Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 43,15% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 60,12% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,93% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 47,62%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,90%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,86% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Tukum 01 Lumajang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,97%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 7,97% dan ketuntasannya sebesar 45,24%. Oleh karena itu penelitian di SDN Tukum 01 Lumajang tuntas. Maka berdasakan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba media tiga dimensi pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru memberikan pengalaman bahwa penerapan media itu bermanfaat ketika proses pembelajaran berlangsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6952
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository