• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEMESTER GENAP SDN TAMAN GRUJUGAN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    NOVI ANDRIYANI - 080210204111 (2)_1.pdf (238.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    NOVI ANDRIYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran IPA adalah program untuk menanamkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan yang dirancang oleh guru harus mengindikasikan suatu proses yang telah direncanakan secara masak dan mencakup fakta yang terjadi dalam lingkungan. Sesuai dengan karakternya maka pembelajaran IPA harus memiliki kecenderungan pada pendidikan kognitif dan psikomotor siswa. Sedangkan tujuan IPA di SD adalah memahami konsep-konsep IPA dan keterkaitannya, memiliki ketrampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan, gagasan tentang alam sekitar, serta mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar sehingga manyadari kebesaran dan keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai suatu bentuk dedikasi yang tinggi untuk memperbaiki tingkat prestasi siswa dan sebagai upaya untuk mewujudkan suatu model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus secara berkesinambungan. Pada tiap siklus diterapkan langkah- langkah pelaksanaan instrumen siklus meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Dua siklus yang dilaksanakan sangat berpengaruh terhadap perubahan prestasi siswa kelas IV SDN Taman pada pelajaran IPA dengan pokok bahasan Energi Panas dan Energi Bunyi. Penggunaan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam kelas karena siswa dapat menemukan langsung kegiatan pelajaran siswa yang berhubungan langsung dengan kehidupan siswa sehari- hari. Hal ini berbeda dengan cara sebelumnya yang hanya menggunakan metode ceramah. Hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Taman dengan menggunakan Sumber Belajar Lingkungan pada pokok bahasan Energi Panas dan Energi Bunyi ini mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus. Aktifitas siswa kelas IV SDN Taman selama pembelajaran di kelas dengan menggunakan Sumber Belajar Lingkungan dapat meningkat dari pra siklus ke siklus. Persentase rata-rata aktifitas siswa pada pra siklus adalah 54,81%. Persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus 1 adalah 70,12%. Persentase peningkatan aktifitas siswa dari pra siklus ke siklus 1 yaitu 27,93%. Persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus 2 adalah 78,77%. Sedangkan persentase peningkatan aktifitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 12,34% dan peningkatan ini termasuk pada kriteria aktifitas siswa yang aktif. Hasil belajar pra siklus ditunjukkan pada nilai rata-rata kelas yaitu 56,37 dan meningkat pada siklus 1 dengan nilai rata-rata kelas 62,55. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 adalah 10,96%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas yaitu 72,92. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 16,58%, dan peningkatan ini termasuk pada kriteria peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, (1) penerapan pembelajaran menggunakan sumber belajar lingkungan dapat menarik minat siswa SDN Taman, sehingga mereka mampu mencapai standar ketuntasan minimal, (2) melalui pembelajaran menggunakan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Taman dalam mata pelajaran IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6950
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository