• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN TEKNOLOGI PENGOLAHANNYA MELALUI METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DI SDN MANGARAN 02

    Thumbnail
    View/Open
    Ninik Suminarsari - 100210274015_1.pdf (123.3Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Ninik Suminarsari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara dengan guru kelas IV di SDN Mangaran 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran seperti ini mengakibatkan siswa jenuh, sehingga hasil belajar siswa rendah. Selain itu kurangnya pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi pengolahannya melalui metode penemuan (discovery) di SDN Mangaran 02. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi pengolahannya melalui metode penemuan (discovery) di SDN Mangaran 02. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Mangaran 02 Kecamatan Ajung, pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Pelaksanaan dilakukan sebanyak dua siklus yang dimulai tanggal 7 April 2012. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Persentase hasil belajar pada siklus I 50% (tuntas), kemudian meningkat 87,5% (tuntas) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penemuan (discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi pengolahannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6949
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository