Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMAD ARIF YANTO
dc.date.accessioned2013-07-19T01:47:32Z
dc.date.available2013-07-19T01:47:32Z
dc.date.issued2013-07-19
dc.identifier.nimNIM070210103080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/692
dc.description.abstractMedia pembelajaran yang menggunakan animasi flash dapat memvisualisasikan proses-proses kompleks sehingga memberikan pengetahuan yang mendalam mengenai materi biologi yang tidak dapat ditunjukkan hanya dengan menggunakan gambar statis. Teknik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide- ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, teknik NHT juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama serta keaktifan siswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Animasi Flash dengan Pembelajaran Kooperatif Model NHT terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara Q uasi eksperimen. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keaktifan belajar, tes hasil belajar kognitif biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru. Metode penelitian menggunakan design penelitian two group pretest- post test design, yaitu terdapat 2 kelas sebagai sampel yaitu satu kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran menggunakan animasi Flash serta satu kelas kontrol menggunakan media charta. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil test siswa, baik pre-test, post-test, maupun ulangan harian. Untuk menganalisis perbedaan keaktifan siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan analisis persentase keaktifan siswa yang dilakukan dengan cara observasi yang kemudian dihitung dengan menggunakan rumus persentase keaktifan. Analisis keaktifan belajar siswa terdiri atas keaktifan dalam memperhatikan penjelasan guru, keaktifan dalam keaktifan dalam pemanfaatan (efisien) waktu, keaktifan dalam diskusi kelompok, keaktifan dalam diskusi kelas. Hasil analisis keaktifan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas eksperimen nilai keaktifan belajar sebesar 72.5 % (termasuk kategori aktif). Sedangkan hasil keaktifan pada kelas kontrol sebesar 68,58%. (termasuk dalam kategori aktif). Dari hasil ini menunjukan bahwa secara keseluruhan pembelajaran yang menggunakan media animasi Flash meningkatkan keaktifan siswa lebih besar daripada kelas yang menggunakan media Charta. Berdasarkan hasil analisis data terhadap selisih nilai pre-test dan post-test siswa yang dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,019 (P < 0,05), artinya nilai kognitif kelas yang menggunakan media animasi flash (eksperimen) dan nilai kognitif kelas yang menggunakan media charta (kontrol) memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran animasi Flash meningkatkan keaktifan belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah sebesar 72,5 %, nilai ini didapat dari rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 67,14 % dan pada pertemuan kedua sebesar 77,86 % dan (2) penggunaan media pembelajaran animasi Flash dalam pembelajaran biologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah, yaitu nilai signifikansinya sebesar 0,019 (P < 0,05) dengan rata-rata selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 24,21 dan pada kelas kontrol sebesar 17,59.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103080;
dc.subjectANIMASI, PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NU MBERED HEAD TOGETHERen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJAR AN ANIMASI FLASH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NU MBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JENGGAWAH KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record