• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ”Prosedur Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Jalan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember”

    Thumbnail
    View/Open
    Sonia Vindy Triansyah - 100803104017_1.pdf (227.3Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Sonia Vindy Triansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata pada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Bahwa PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk perseroan dan bergerak dibidang jasa peransuransian yaitu dalam hal kecelakaan lalu lintas baik itu lalu lintas jalan maupun penumpang. 2) Dalam prosedur pengajuan klaim dana santunan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember terdiri dari beberapa hal sebagai berikut: a) Pihak korban atau ahli waris korban harus melengkapi administrasi dalam hal berkas pengajuan dana santunan antara lain: Menigisi Formulir pengajuan yang telah disediakan oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Pewakilan Jember, mencantumkan identitas diri mulai dari Kartu Keluarga, Kartu Identitas, Keterangan Ahli waris (bila korban meninggal), selain itu bila korban sempat mendapatkan perawatan atau menjalani pengobatan harap menyertakan Surat Keterangan dari Rumah Sakit tempat korban dirawat dan juga melampirkan bukti transaksi yang diterima (kwitansi,resep dokter,dll). b) Korban atau ahli waris korban sebagai pihak menerima dana santuanan setelah berkas dinyatakan lengkap oleh petugas PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember yang berada di kantor SAMSAT, berkas-berkas tersebut diserahkan ke kantor Perwakilan di bagian pelayanan. c) Di bagian pelayanan berkas-berkas tersebut diteliti kembali kelengkapannya berdasarkan UU No.34 tahun 1964 untuk diproses sehingga dapat dilakukan pembayaran dana santunan. 3) Pelaksanaan prosedur akuntansi pembayaran dana santunan kecelakaan lalu lintas pada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember dapat disimpulkan sebagai berikut: a) Berkas-berkas pengajuan yang telah dinyatakan lengkap oleh bagian pelayanan maka dibuatkan tanda terima,data pendukung dana santunan dan lembar disposisi disetujui oleh kepala perwakilan maka akan dilakukan pembayaran dana santunan oleh bagian kasir berdasarkan jumlah yang telah ditentukan pada UU No.34 tahun 1964 dan juga berdasarkan kwitansi yang telah dilampirkan. b) Pada pelaksanaan prosedur akuntansi pembayaran dana santunan kecelakaan lalu lintas jalan terdapat beberapa dokumen yang dibuat oleh bagian kasir setelah dilakukan pembayaran dana santunan tersebut. Dokumen tersebut terdiri dari kwitansi, Bukti Pengeluaran Kas, Daftar Jurnal Harian, Surat Perintah Transfer yang disertai Bilyet Giro. Mengingat usahanya yang bergerak dibidang jasa dan sosial maka PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember berusaha sebaik mungkin agar dapat memberikan pelayanan yang cepat, tepat, efektif dan efisien kepada masyarakat sehingga masyarakat akan merasakan suatu kepuasan dalam menerima pelayanan yang telah diberikan. 5.2 SARAN Saran- saran yang mungkin dapat penulis sampaikan demi kesempurnaan prosedur pembayaran klaim asuransi kecelakaan lalu lintas jalan adalah: a) Diharapkan PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember memberikan layanan 24 jam via telephone (call center) untuk mempermudah pihak klaiman jika membutuhkan informasi. b) Untuk mempermudah pelayanan kepada klaiman diharapkan PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember membuat nomor antrian elektronik, agar menambah ketertiban klaiman dalam menunggu penyelesaian proses pengajuan dan pembayaran klaim. c) Untuk mempercepat proses pembayaran klaim, PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember diharapkan menambah loket pembayaran guna memperlancar pembayaran dana santunan kepada korban/ ahli waris. Demikian saran yang dapat penulis sampaikan. Semoga untuk kedepannya PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan yang telah diberikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6872
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository