dc.description.abstract | Analisis yang berjudul "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL SULAWESI DI JEMBER", memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor yang diteliti mampu mempengaruhi penjualan kamar, serta menentukan faktor apa yang paling dominan dalam mempengaruhi penjualan kamar pada Hotel Sulawesi Jember.
Metode analisis data yang digunakan dalam analisis ini adalah koefesien regresi berganda dan koefesien korelasi berganda. Variabel-variabel yang diteliti dan dianggap berpengaruh terhadap penjualan kamar pada Hotel Sulawesi Jember adalah tarif kamar, biro perjalanan, biaya promosi, dan jumlah kamar. Berdasarkan metode penelitian, penelitian ini menggunakan metode interview dan observasi dalam memperoleh data, sedangkan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan temyata faktor biaya promosi merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi penjualan kamar. Faktor-faktor tarif kamar, biro perjalanan, dan jumlah kamar walaupun tidak sedominan faktor biaya promosi namun secara bersama-sama mampu mempengaruhi penjulan kamar yang telah dibuktikan melalui uji F dengan menggunakan analisa program SPSS.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah temyata pada Hotel Sulawesi biaya promosi merupakan hal yang paling mendominasi penjualan kamar yang ada. Hal ini disebabkan efektifitas biaya dan pemilihan media promosi yang tepat diperkirakan mampu mempengaruhi konsumen untuk memilih Hotel Sulawesi Jember sebagai tempat menginap yang tepat. | en_US |