PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS 3 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN SDN CANGKRING 04 JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan metode
penemuan pada pembelajaran bangun datar pada siswa kelas III (2) untuk
mengetahui selama proses pembelajaran dengan metode penemuan pada
pembelajaran bangun datar pada siswa kelas III (3) untuk mengetahui ketuntasan
belajar melalui penerapan metode penemuan pada pembelajaran bangun datar
pada siswa kelas III.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cangkring 04 Jenggawah kelas III
yang terdiri 42 siswa 21 siswa perempuandan 21 siswa laki-laki siswa dibagi 6
kelompok yang hitoregen. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 silkus.
Metode pengumpulan data melalui observasi,wawancara, tes dan
dokumentasi,sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalis tes indivivu.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 3 mei 2011 sampai dengan
19 mei 2011 data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan aktivitas guru
selama proses pembelajaran bangun datar dengan menggunakan metode
penemuan serta hasil belajar siswa siklus I hasil 57,8% silkus II 86,2 dari hasil tes
akhir. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan belajar
siswa secara klasikal adalah 86,2%
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajar matematika bangun
datar dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk
meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.