• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS 3 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN SDN CANGKRING 04 JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Rohani.pdf (347.6Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    SITI ROHANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan metode penemuan pada pembelajaran bangun datar pada siswa kelas III (2) untuk mengetahui selama proses pembelajaran dengan metode penemuan pada pembelajaran bangun datar pada siswa kelas III (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar melalui penerapan metode penemuan pada pembelajaran bangun datar pada siswa kelas III. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cangkring 04 Jenggawah kelas III yang terdiri 42 siswa 21 siswa perempuandan 21 siswa laki-laki siswa dibagi 6 kelompok yang hitoregen. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 silkus. Metode pengumpulan data melalui observasi,wawancara, tes dan dokumentasi,sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalis tes indivivu. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 3 mei 2011 sampai dengan 19 mei 2011 data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran bangun datar dengan menggunakan metode penemuan serta hasil belajar siswa siklus I hasil 57,8% silkus II 86,2 dari hasil tes akhir. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 86,2% Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajar matematika bangun datar dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6862
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository