• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DELILA (DENGAR, LIHAT,

    Thumbnail
    View/Open
    TITIS ADI KRISTIANTI.pdf (247.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Titis Adi Kristianti
    AT.Hendrawijaya
    Deditiani Tri Indrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode Pembelajaran Delila merupakan metode yang dirancang untuk pembelajaran keaksaraan utamanya keaksaraan dasar dan memfasilitasi kecenderungan gaya belajar warga belajar yang meliputi dengar, lihat, lakukan. Dalam proses pembelajaran delila diperlukannya hasil belajar untuk mengetahui perilaku yang positif dari warga belajar serta meningkatkan ketrampilan membaca, menulis, berhitung, berbicara dan mendengar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar Keaksaraan Fungsional Anggrek Di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso.Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional. Manfaat dari penelitian mendukung pengembangan Program Keaksaraan Fungsional. Jenis Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan snowball sampling. Informan kunci yaitu warga belajar dan tutor dan informan pendukung yaitu pamong. Pengolahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian tingkat hubungan antara Metode Pembelajaran Delila dengan Hasil Belajar Keaksaraan Fungsioanal cukup baik, sesuai dengan ranah dengar, lihat, dan lakukan. Dan teknik penilaian hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek yaitu tes dan non tes. Kesimpulan pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso bisa dikatakan cukup baik, bagi warga belajar yakni mampu menuntaskan proses pembelajaran dari program keaksaraan fungsional dan bebas dari buta aksara. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran dikarenakan gaya belajar tiap individu warga belajar sangat berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68566
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository