Pengaruh Penerapan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa
View/ Open
Date
2015Author
ZAHRO, Nurvita Fatimatus
MUCHTAR, Imam
MISNO
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Yosorati 02 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V
yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil
belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM. Subjek pada penelitian ini berjumlah 44
siswa yang terdiri atas 22 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan pola eksperimental semu tipe pre-test post-test control group design. Pengumpulan data
penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang dilaksanakan dua kali yaitu sebelum
dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test
kelas eksperimen adalah 12,625 dan kelas kontrol adalah 7,45. hasil tersebut dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil thitung
sebesar 2,232. Berdasarkan hasil tersebut berarti t-hitung > t-tabel (2,232>2,0189), sehingga dapat disimpulkan
bahwa siswa kelas V SDN Yosorati 02 Jember yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok
bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan
PAIKEM.
Collections
- SRA-Education [1352]