HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA BALOK DENGAN PERKEMBANGAN
View/ Open
Date
2015Author
Febtian Dwi Restanti
AT.Hendra Wijaya
Niswatul Imsiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Data awal yang diperoleh melalui wawancara dan observasi menunjukkan bahwa hampir sebagian besar anak di kelas TK IT
Al Husna Kelas A memiliki tingkat perkembangan kognitif yang belum maksimal, hal tersebut terjadi karena jarangnya
menggunakan media yang dapat mengajak anak untuk berpikir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah
hubungan antara kemampuan penggunaan media balok dengan perkembangan kognitif anak usia dini di TK IT Al Husna?”
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan
penggunaan media balok dengan perkembangan kognitif anak usia dini di TK IT Al Husna”. Penelitian ini memaparkan hasil
penelitian yang akan dicapai baik untuk kepentingan pribadi, institusi, maupun masyarakat. Jenis peneliatian ini korelasioanal
dengan pendektana kuantutatif, pemilihan tempatnya menggunakan purposif area dengan pemilihan sampelnya menggunakan
teknik populasi. Penelitian ini dilakukan 5 bulandengan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan
dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu rhohitung sebesar 0.995 dan rhotabel sebesar 0.648 dengan rhohitung
lebih besar daripada rhotabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini“Ada hubungan antara
kemampuan dalam menggunakan media balok dengan perkembangan kognitif anak usia dini di TK IT Al Husna”. Saran yang
dapat disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu guru hendaknya menggunakan berbagai media pembelajaran untuk
menumbuhkan memotivasi belajar anak, salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media balok,
karena dengan menggunakan media balok dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak.
Collections
- SRA-Education [1352]