Penerapan Project Based Learning Dengan Performance Assessment
Abstract
Pembelajaran sejarah memiliki tujuan agar peserta didik memiliki beberapa kemampuan, kemampuan tersebut salah
satunya adalah peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir historis (historical thinking) yang menjadi
dasar untuk kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif. Berdasarkan salah satu tujuan tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta
didik. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa mata pelajaran sejarah sampai sekarang masih kurang
mengembangkan ide-ide kreatif peserta didik. Permasalahan ini terjadi karena metode yang digunakan dalam
pembelajaran masih menggunakan ceramah, sehingga kurang mengasah kreativitas peserta didik. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan penerapan metode pembelajaran yang mengasah kreativitas peserta didik
yakni dengan metode Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan
kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Rambipuji dengan menerapkan Project
Based Learning dengan Performance Assessment. Pelaksanaan penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai bulan Mei
2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Rambipuji yang berjumlah 30 peserta
didik.. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen.
Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar mata pelajaran sejarah peserta
didik. Kreativitas peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 61,11% dengan kategori
cukup kreatif, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 14,54% menjadi 70% dengan kategori kreatif pada
siklus 3 juga mengalami peningkatan sebesar 11,1% sehingga menjadi 77,77% dengan kategori kreatif. Hasil belajar
aspek psikomotor pada siklus 1 yaitu sebesar 57,77% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 20,06%
sehingga menjadi 69,38% pada siklus 3 juga mengalami peningkatan sebesar 12,58% sehingga menjadi 78,09%.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning dengan
Performance Assessment dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA
Negeri Rambipuji
Collections
- SRA-Education [1352]