dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bauran promosi yang digunakan pada
Rumah Batik Rolla Jember dalam meningkatkan volume penjualannya. Penelitian ini dilakukan di daerah Jember
Lor Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan volume penjualan setelah
diterapkannya bauran promosi pada batik Rolla selama 4 tahun mulai dari tahun 2011-2014. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dengan cara purposive area, yaitu bertempat di
Rumah Batik Rolla Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah volume penjualan batik mengalami peningkatan dan penurunan setiap
tahunnya. Penurunan volume penjualan terjadi pada tahun 2012 semester I yang mencapai 11% dengan nilai trend
sebesar 367,4. Sedangkan peningkatan terjadi pada tahun 2011 dan 2013 semester II yaitu mencapai 80% dengan
nilai trend 298,4 dan 574,4. Perkembangan volume penjualan dicari dengan menggunakan analisis trend.
Peningkatan volume penjualan yang paling utama disebabkan karena bertepatan dengan datangnya hari raya, tahun
ajaran baru serta event yang di adakan kota Jember sehingga permintaan batik meningkat. Sedangkan penurunan
volume penjualan disebabkan karena bagi sebagian orang lebih memilih menabung untuk keperluan hari raya. | en_US |