Show simple item record

dc.contributor.authorSITI AMINAH
dc.date.accessioned2013-12-09T07:27:33Z
dc.date.available2013-12-09T07:27:33Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6832
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 dengan pengambilan data yang mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Pebruari 2011 sampai 17 Maret 2011 bertempat di SDN Pakel 02 Lumajang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki – laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2010/2011, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan discovery siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan discovery pada siklus I mencapai 75 % sedangkan pada silkus II mencapai 100 %. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 87,5 % sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Sedangkan daya serap klasikal pada siklus 1 68,13% dan pada siklus II 76,06 %. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IV SD Negeri Pakel 02 Lumajang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 70 % siswa telah mencapai nilai ≥ 56. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri Pakel 02 Kec. Gucialit Lumajang tahun pelajaran 2010/2011 dalam proses pembelajaran gaya dan energi. Hal ini terbukti pada siklus I diketahui 12,5% sangat aktif, 62,5% aktif dan 25% cukup aktif, sedangkan pada siklus II diketahui 43,75% sangat aktif dan 56,25% aktif. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakel 02 Kec. Gucialit Lumajang tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran gaya dan energi. Hal ini dibuktikan pada siklus I terungkap daya serap klasikal sebesar 68,13% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%, pada siklus II daya serap klasikal sebesar 76,06% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274018;
dc.subjectAktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pendekatan Discoveryen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY DI SDN PAKEL 02 LUMAJANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record